Senin, 22 April 2013

Konsep Tumbang



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Konsep Tubuh Kembang
1.      Pengertian Pertumbuhan
a.      Pertumbuhan adalah berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu yang bisa diukur dengan ukuran berat ( gram, kilogram, pound ), ukuran panjang, umum tulang dan keseimbangan metabolik ( retensi kalsium dan nitrogen dalam tubuh ).
 ( Sutjiningsih, 2005 )
b.      Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran – ukuran tubuh yang meliputi BB, TB, LK, LD, dan lain-lain atau bertambahnya jumlah dan ukuran sel – sel pada semua sistem organ tubuh.
(Vivian nanny, 2010 : 48)
c.      Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan yang bersifat kuantitas, yang mengacu pada jumlah, besar, dan luas, serta bersifat konkret yang menyangkut ukuran dan struktur biologis.
(Mansur, 2009 : 25) 
Perkembangan
a.      Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan skill dalam struktur dan fungsi tubuh yang komplek dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil dari proses pematangan.
( Sutjiningsih, 2005 )
b.      Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan atau fungsi semua system organ tubuh sebagai akibat bertambahnya kematangan fungsi-fungsi system organ tubuh.
(Vivian nanny, 2010 : 49)
c.      Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak, gerak halus, bicara dan bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.
(Pemkot Malang Dinkes, 2007 : 4)
Perkembangan adalah proses menuju ke tingkat pematangan atau kedewasaan yang berlangsung sistematis, progresif dan berkesinambungan.
a.      Sistematis
         Saling mempengaruhi antara bagian-bagian organisme dan merupakan satu kesatuan yang harmonis.
b.      Progresif
         Perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat dan mendalam baik psikis maupun fisik.
c.      Berkesinambungan
         Perubahan pada bagian atau fungsi organisme berlangsung secara beraturan / berurutan.
2.      Ciri-ciri Perkembangan Secara Umum
a.      Terjadinya perubahan dalam aspek fisik dan aspek psikis.
1)      Aspek fisik      :     Perubahan tinggi dan berat badan.
2)      Aspek psikis    :     Bertambahnya pebendaharaan kata dan matangnya kemampuan berfikir, mengingat dan berkreatif.
b.      Terjadinya perubahan dalam proporasi
         1)      Aspek fisik      :     Proporasi tubuh anak berubah sesuai dengan  fase perkembangan.
         2)      Aspek psikis    :     Perubahan imajinasi dari fantasi ke realitas.
c.     Lenyapnya tanda-tanda lama
         1)     Tanda fisik       :     Lenyapnya kelenjar tymus, rambut halus dan gigi susu.
         2)     Tanda psikis     :     Lenyapnya masa-masa mengoceh dan  merangkak.
d.      Diperoleh tanda-tanda baru
         1)     Tanda fisik       :     Perubahan gigi dan status sex.
         2)     Tanda psikis     :     Perkembangan rasa ingin tahu
Prinsip Tumbuh Kembang
a.      Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti.
   Manusia terus berkembang yang dipengaruhi pengalaman belajar semasa hidupnya. Perkembangan berlangsung terus sejak konsepsi sampai mencapai kematangan.
b.      Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi.
Jika anak terganggu pertumbuhan fisiknya maka perkembangn aspek lain juga terganggu.
c.      Perkembangan itu mengikuti pola atau arah tertentu.
Setiap tahapan perkembangan merupakan hasil dari tahap sebelumnya dan merupakan syarat perkembangan selanjutnya.
d.      Perkembamgan terjadi pada tempo berlainan.
Perkembangan fisik dan mental mencapai kematangan dalam waktu yang berbeda :
1)      Otak mencapai bentuk ukuran sempurna pada umur 6-8 tahun.
2)      Tangan, kaki dan hidung mencapai kematangan maksimal pada  masa remaja.
e.       Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas.
1)      Sampai usia 2 tahun anak memusatkan untuk mengenal lingkungannya, gerak-gerik fisik dan belajar bicara.
2)      Pada usia 3-6 tahun perkembangan dipusatkan untuk menjadi manusia sosial.
f.       Setiap individu normal akan mengalami tahapan atau fase perkembangan. Prinsip ini berarti bahwa dalam menjalani hidupnya yang normal dan berusia panjang individu akan mengalami fase-fase perkembangan yaitu : bayi,  kanak-kanak, remaja dan dewasa.
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang
a.      Hereditas
         Merupakan modal dasar dalam mencapai hasil akhir proses tumbuh kembang anak. Penurunan sifat mengikuti prinsip sebagai berikut :
1)      Reproduksi     
         Berarti penurunan sifat berlangsung melalui sel benih.
2)      Konformitas (keseragaman)
         Proses penurunan sifat meliputi generasi sebelumnya.
3)      Variasi
         Penurunan antara kakak dan adik bervariasi.
4)      Regresi filial
         Penurunan sifat kecenderumgam ke arah rata-rata.
b.      Lingkungan
         Faktor yang sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan. Lingkungan yang baik akan menimbulkan tercapainya potensi bawaan, sedang lingkungan yang kurang baik akan menghambatnya. Lingkungan ini merupakan lingkungan bio- fisisko psikososial yang mempengaruhi individu setiap hari, mulai dari konsepsi sampai akhir hayatnya.









BAB II
ISI

Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)
Pengertian
Formulir KPSP adalah alat/instrumen yang digunakan untuk mengetahui perkembangan anak normal atau ada penyimpangan. Kuisioner pra skrining perkembangan ( KPSP ) adalah suatu daftar pertanyaan yang ditujukan kepada orangtua dan digunakan sebagai alat untuk melakukan skrining pendahuluan perkembangan ank usia 3 bulan sampai dengan 6 tahun.
Ø      Tujuan deteksi/skrining ini untuk mengetahui apakah perkembangan anak normal atau ada penyimpangan.
Ø      Jadwal skrining/pemeriksaan KPSP rutin adalah pada umur 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66 dan 72 bulan. Jika anak belum mencapai umur skrining tersebut, mints ibu datang kembali pada umur skrining yang terdekat untuk pemeriksaan rutin. Misalnya bayi umur 7 bulan, diminta kembali untuk skrining KPSP pada umur 9 bulan. Apabila orang tua datang dengan keluhan anaknya mempunyai masalah tumbuh kembang, sodangkan urnur anak bukan umur skrining rnaka pemeriksaan menggunakan KPSP untulo umur skrining terdekat  yang lebih muds.
Ø      Skrining/pemeriksaan dilakukan oleh tenaga kesehatan, guru TK dan petugas PADU terlatih.
Ø      Alat/instrumen yang digunakan adalah:
a.      Formulir KPSP menurut umur. Formulir ini berisi 9–10 pertanyaan tentang kemampuar perkembangan yang telah dicapai anak. Sasaran KPSP anak umur 0-72-bulan.
b.      Alat bantu pemeriksaan berupa: pensil, kertas, bola sebesar bola tenis, kerincingan kubus berukuran sisi 2,5 Cm sebanyak 6 bush, kismis, kacang tanah, potongan biskui kecil berukuran 0.5 – 1 cm.
Ø      Cara menggunakan KPSP:         
a.      Pada waktu pemeriksaan/skrining, anak harus dibawa.
b.      Tentukan umur anak dengan menanyakan tanggal bulan dan tahun anak lahir. Bila umur anak lebih 16 hari dibulatkan menjadi 1 bulan.
         Contoh: bayi umur 3 bulan 16 hari, dibulatkan menjadi 4 bulan. Bila umur bayi 3 bula 15 hari, dibulatkan menjadi 3 bulan.
c.      Setelah menentukan umur anak, pilih KPSP yang sesuai dengan urnur anak.
d.      KPSP terdiri ada 2 macarn pertanyaan, yaitu:
1.      Pertanyaan yang dijawab oleh ibu/pengasuh anak, contoh: "Dapatkah bayi makan kue sendiri?"
2.      Perintah kepada ibu/pengasuh anak atau petugas untuk: melaksanakan tugas.yang tertulis pada KPSP.
         Contoh: "Pada posisi bayi ands telentang, tariklah bayi pada pergelangan tangannya secara perlahan-lahan ke posisi duduk".
a.      Jelaskan kepada orangtua agar tidak ragu-ragu atau takut menjawab, oleh karena itu pastikan ibu/pengasuh anak mengerti apa yang ditanyakan kepadanya.
b.      Tanyakan pertanyaan tersebut secara berturutan, satu persatu.
         Setiap pertanyaan hanya ada 1 jawaban, Ya atau Tidak. Catat jawaban tersebut pada formulir.
c.      Ajukan pertanyaan yang berikutnya setelah ibu/pengasuh anak menjawab pertanyaan terdahulu.
d.      Teliti kembali apakah semua pertanyaan telah dijawab.
Ø      Interpretasi basil KPSP:
a.      Hitunglah berapa jumlah jawaban Ya.
1.      Jawaban Ya, bila ibu/pengasuh anak menjawab: anak bisa atau pernah atau sering atau kadang-kadang melakukannya.
2.      Jawaban Tidak, bila ibulpengasuh anak menjawab: anak belum pernah melakukan atau tidak pernah atau ibulpengasuh anak tidak tahu.
b.      Jumlah jawaban 'Ya' = 9 atau 10, perkembangan anak sesuai dengan tahap perkembangannya (S).
c.      Jumlah jawaban 'Ya' = 7 atau 8, perkembangan anak meragukan (M).
d.      Jumlah Jawaban 'Ya' = 6 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P).
e.      Untuk jawaban 'Tidak', perlu dininci.jumlah 'jawaban 'Tidak' menurut jenis keterlambatan (gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian).
Ø      Intervensi:
a.      Bila perkembangan anak sesuai umur (S), lakukan tindakan berikut:
1.      Beri pujian kepada ibu karena telah mengasuh anaknya dengan balk.
2.      Teruskan poia asuh anak sesuai dengan tahap perkembangan anak.
3.      Beri stimulasi perkembangan anak setiap saat, sesering mungkin, sesuai dengan umur dan kesiapan anak.
4.      Ikutkan anak pada kegiatan penimbangan dan pelayanan kesehatan di posyandu secara teratur sebulan 1 kali dan setiap ada kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB). Jika anak sudah memasuki usia prasekolah (36-72 bulan), anak dapat diikutkan pada kegiatan di Pusat Pendidikan Anak Dini Usia (PA06), Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak.
5.      Lakukan pernefiksaan/skrining rutin menggunakan KPSP setiap 3 bulan pada anak, berumur kurang dari 24 bulan dan setiap 6 bulan pada anak umur 24 sampai 72 bulan.


Ø      Bila perkembangan anak meragukan (M), lakukan tindakan berikut:
a.      Beri petunjuk pada ibu agar melakukan stimulasi perkembangan pada anak lebih sering lagi setiap saat dan sesering mungkin.
b.      Ajarkan ibu cara melakukan intervensi stimulasi perkembangan anak untuk mengatasi penyimpangan/mengejar ketertinggalannya
c.      Lakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencari kemungkinan adanya penyakit yang menyebabkan penyimpangan perkembangannya
d.      Lakukan penilaian ulang KPSP 2 minggu kemudian dengan menggunakan daftar KPSP yang sesuai dengan umur anak
e.      Jika hasil KPSP ulang jawaban "Ya" tetap 7 atau 8 maka kemungkinan ada penyimpangan (P).
Ø      Bila tahapan perkembangan terjadi penyimpangan (P), lakukan berikut:
         Rujuan ke Rumah Sakit dengan menuliskan jenis dan jumlah penyimpangan perkembangan (gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian.
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Bayi 3 bulan
1.            Pada waktu bayi telentang, apakah masing-masing lengan dan tungkai bergerak dengan mudah? Jawab TIDAK bila salah satu atau kedua tungkai atau lengan bayi bergerak tak terarah/tak terkendali.
2.            Pada waktu bayi telentang apakah ia melihat clan menatap wajah anda?
3.            Apakah bayi dapat mengeluarkan suara-suara lain (ngoceh), disamping menangis?
4.            Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepalanya dari kanan/kiri ke tengah?
5.            Pada waktu bayi telentang, apakah. ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepalanya dari satu sisi hampir sampai pada sisi yang lain?
6.            Pada waktu anda mengajak bayi berbicara dan tersenyum,apakah ia tersenyum kembali kepada anda?
7.            Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya seperti pada gambar ini?
8.            Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya sehingga membentuk sudut 45° seperti pada gambar ?
9.            Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya dengan tegak seperti pada gambar?
10.        Apakah bayi suka tertawa keras walau tidak digelitik atau diraba-raba?
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Bayi 6 bulan
1.            Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepala sepenuhnya dari satu sisi ke sisi yang lain
2.            Dapatkah bayi mempertahankan posisi kepala dalam keadaan tegak clan stabil? Jawab TIDAK bila kepala bayi cenderung jatuh ke kanan/kiri atau ke dadanya
3.            Sentuhkan pensil di punggung tangan atau ujung jari bayi. (jangan meletakkan di atas telapak tangan bayi). Apakah bayi dapat menggenggam pensil itu selama beberapa detik?
4.            Ketika bayi telungkup di alas datar, apakah ia dapat mengangkat dada dengan kedua lengannya sebagai penyangga seperti pada gambar ?
5.            Pernahkah bayi mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik tetapi bukan menangis?
6.            Pernahkah bayi berbalik paling sedikit dua kali, dari telentang ke telungkup atau sebaliknya?
7.            Pernahkah anda melihat bayi tersenyurn ketika melihat mainan yang lucu, gambar atau binatang peliharaan pada saat ia bermain sendiri?
8.            Dapatkah bayi mengarahkan matanya pada benda kecil sebesar kacang, kismis atau uang logam? Jawab TIDAK jika ia tidak dapat mengarahkan matanya.
9.            Dapatkah bayi meraih mainan yang diletakkan agak jauh namun masih berada dalam jangkauan tangannya?
10.        Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi clucluk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku seperti gambar di sebelah kiri ? Jawab TIDAK bila kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan.
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Bayi 9 bulan
1.            Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi clucluk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku seperti gambar di sebelah kiri ? Jawab TIDAK bila kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan. 
2.            Pernahkah anda melihat bayi memindahkan mainan atau kue kering dari satu tangan ke tangan yang lain? Benda?benda panjang seperti sendok atau kerincingan bertangkai tidak ikut dinilai.
3.            Tarik perhatian bayi dengan memperlihatkan selendang, sapu tangan atau serbet, kemudian jatuhkan ke lantai. Apakah bayi mencoba mencarinya? Misalnya mencari di bawah meja atau di belakang kursi?
4.            Apakah bayi dapat memungut dua benda seperti mainan/kue kering, dan masing-masing tangan memegang satu benda pada saat yang sama? Jawab TIDAK bila bayi tidak pernah melakukan perbuatan ini.
5.            Jika anda mengangkat bayi melalui ketiaknya ke posisi berdiri, dapatkah ia menyangga sebagian berat badan dengan kedua kakinya? Jawab YA bila ia mencoba berdiri dan sebagian berat badan tertumpu pada kedua kakinya.
6.            Dapatkah bayi memungut dengan tangannya benda-benda kecil seperti kismis, kacang?kacangan, potongan biskuit, dengan gerakan miring atau menggerapai seperti gambar ?
7.            Tanpa disangga oleh bantal, kursi atau dinding, dapatkah bayi duduk sendiri selama 60 detik?
8.            Apakah bayi dapat makan kue kering sendiri?
9.            Pada waktu bayi bermain sendiri dan anda diam-diam datang berdiri di belakangnya, apakah ia menengok ke belakang seperti mendengar kedatangan anda? Suara keras tidak ikut dihitung. Jawab YA hanya jika anda melihat reaksinya terhadap suara yang perlahan atau bisikan.
10. Letakkan suatu mainan yang dinginkannya di luar jangkauan bayi, apakah ia mencoba mendapatkannya dengan mengulurkan lengan atau badannya?
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Bayi 12 Bulan  
1.            Jika anda bersembunyi di belakang sesuatu/di pojok, kemudian muncui dan menghilang secara berulang-ulang di hadapan anak, apakah ia mencari anda atau mengharapkan anda muncul kembali?
2.            Letakkan pensil di telapak tangan bayi. Coba ambil pensil tersebut dengan perlahan-lahan. Sulitkah anda mendapatkan pensil itu kembali?
3.            Apakah anak dapat berdiri selama 30 detik atau lebih dengan berpegangan pada kursi/meja?
4.            Apakah anak dapat mengatakan 2 suku kata yang sama, misalnya: “ma-ma”, “da-da” atau “pa-pa”. Jawab YA bila ia mengeluarkan salah—satu suara tadi.
5.            Apakah anak dapat mengangkat badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
6.            Apakah anak dapat membedakan anda dengan orang yang belum ia kenal? la akan menunjukkan sikap malu-malu atau ragu-ragu pada saat permulaan bertemu dengan orang yang belum dikenalnya.
7.            Apakah anak dapat mengambil Benda kecil seperti kacang atau kismis, dengan meremas di antara ibu jari dan jarinya seperti pada gambar?
8.            Apakah anak dapat duduk sendiri tanpa bantuan?
9.            Sebut 2-3 kata yang dapat ditiru oleh anak (tidak perlu kata-kata yang lengkap). Apakah ia mencoba meniru menyebutkan kata-kata tadi ?
10. Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup panel tidak ikut dinilai.
Ø   Kuesioner Praskrining untuk 15 bulan
1.            Tanpa bantuan, apakah anak dapat mempertemukan dua kubus kecil yang ia pegang? Kerincingan bertangkai dan tutup, panci tidak ikut dinilai
2.            Apakah anak dapat jalan sendiri atau jalan dengan berpegangan?
3.            Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan atau melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuh kemandirian kaq bantuan.
4.            Apakah anak dapat mengatakan “papa” ketika ia memanggil/melihat ayahnya, atau mengatakan “mama” jika memanggil/melihat ibunya? Jawab YA bila anak mengatakan salah satu diantaranya.
5.            Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik?
6.            Dapatkan anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih?
Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali?
7.            Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan
8.            Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
9.            Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu seperti pada gambar ini
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 18 bulan
1.            Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan atau melambai-lambai? Jawab TIDAK bila ia membutuhkan bantuan.
2.            Apakah anak dapat mengatakan “papa” ketika ia memanggil/melihat ayahnya, atau mengatakan “mama” jika memanggil/melihat ibunya?
3.            Apakah anak dapat berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik?
4.            Apakah anak dapat berdiri sendiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih?
5.            Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai clan kemudian berdiri kembali?
6.            Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan.
7.            Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
8.            Apakah anak anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti pada gambar?
9.            Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia menggelindingkan/melemparkan kembali bola pada anda?
10.        Apakah anak dapat memegang sendiri cangkir/gelas dan minum dari tempat tersebut tanpa tumpah?
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 21 bulan
1.            Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali?
2.            Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan.
3.            Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
4.            Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari clan jari telunjuk seperti pada gambar ?
5.            Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia menggelindingkan/melemparkan kembali bola pada anda?
6.            Apakah anak dapat memegang sendiri cangkir/gelas clan minum dari tempat tersebut tanpa tumpah?
7.            Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, apakah anak meniru apa yang anda lakukan?
8.            Apakah anak dapat meletakkan satu kubus di atas Gerak halus Ya Tida kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5.0 cm
9.            Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain “papa” dan “mama”?.
10.        Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? (Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak menarik mainannya)
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 24 bulan
1.            Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, apakah anak meniru apa yang anda lakukan?
2.            Apakah anak dapat meletakkan 1 buah kubus di atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5 — 5 cm.
3.            Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "papa" clan "mama"?
4.            Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan?
(Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak menarik mainannya).
5.            Dapatkah anak melepas pakaiannya seperti: baju, rok, atau celananya? (topi clan kaos kaki tidak ikut dinilai).
6.            Dapatkah anak berjalan naik tangga sendiri? Jawab YA jika ia naik tangga dengan posisi tegak atau berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK jika ia naik tangga dengan merangkak atau anda tidak membolehkan anak naik tangga atau anak harus berpegangan pada seseorang.
7.            Tanpa bimbingan, petunjuk atau bantuan anda, dapatkah anak menunjuk dengan benar paling sedikit satu bagian badannya (rambut, mata, hidung, mulut, atau bagian badan yang lain)?
8.            Dapatkah anak makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah?
9.            Dapatkah anak membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat piring jika diminta?
10.        Dapatkah anak menendang bola kecil (sebesar bola tenis) ke depan tanpa berpegangan pada apapun? Mendorong tidak ikut dinilai.
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 30 bulan
1.            Dapatkah anak melepas pakaiannya seperti: baju, rok, Sosialisasi & atau celananya? (topi clan kaos kaki tidak ikut dinilai)
2.            Dapatkah anak berjalan naik tangga sendiri? Jawab YA jika ia naik tangga dengan posisi tegak atau berpegangan pada Binding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK jika ia naik tangga dengan merangkak atau anda tidak membolehkan anak naik tangga atau anak harus berpegangan pada seseorang.
3.            Tanpa bimbingan, petunjuk atau bantuan anda, dapatkah anak menunjuk dengan benar paling seclikit satu bagian badannya (rambut, mata, hidung, mulut, atau bagian badan yang lain)?
4.            Dapatkah anak makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah?
5.            Dapatkah anak membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat piring jika diminta?
6.            Dapatkah anak menendang bola kecil (sebesar bola tenis) Gerak kasar ke depan tanpa berpegangan pada apapun? Mendorong tidak ikut dinilai.
7.            Bila diberi pensil, apakah anak mencoret-coret kertas tanpa bantuan/petunjuk?
8.            Dapatkah anak meletakkan 4 buah kubus satu persatu di atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5 – 5 cm.
9.            Dapatkah anak menggunakan 2 kata pada saat berbicara seperti “minta minum”, “mau tidur”? “Terimakasih” dan “Dadag” tidak ikut dinilai.
10.        Apakah anak dapat menyebut 2 diantara gambar-gambar ini tanpa bantuan?
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 36 bulan
1.            Bila diberi pensil, apakah anak mencoret-coret kertas tanpa bantuan/petunjuk?
2.            Dapatkah anak meletakkan 4 buah kubus satu persatu di atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5 – 5 cm.
3.            Dapatkah anak menggunakan 2 kata pada saat berbicara seperti “minta minum”; “mau tidur”? “Terimakasih” dan “Dadag” tidak ikut dinilai.
4.            Apakah anak dapat menyebut 2 diantara gambar-gambar ini tanpa bantuan?
5.            Dapatkah anak melempar bola lurus ke arah perut atau dada anda dari jarak 1,5 meter?
6.            Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi isyarat dengan telunjuk atau mata pada saat memberikan perintah berikut ini:
“Letakkan kertas ini di lantai”.
“Letakkan kertas ini di kursi”.
“Berikan kertas ini kepada ibu”.
Dapatkah anak melaksanakan ketiga perintah tadi?
7.            Buat garis lurus ke bawah sepanjang sekurangkurangnya 2.5 cm. Suruh anak menggambar garis lain di samping garis tersebut
8.            Letakkan selembar kertas seukuran buku di lantai. Apakah anak dapat melompati bagian lebar kertas dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari?
9.            Dapatkah anak mengenakan sepatunya sendiri?
10.        Dapatkah anak mengayuh sepeda roda tiga sejauh sedikitnya 3 meter?
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 42 bulan 
1.            Dapatkah anak mengenakan sepatunya sendiri?
2.            Dapatkah anak mengayuh sepeda rods tiga sejauh sedikitnya 3 meter?
3.            Setelah makan, apakah anak mencuci clan mengeringkan tangannya dengan balk sehingga anda ticlak perlu mengulanginya?
4.            Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya clan beri anak anda kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 2 detik atau lebih?
5.            Letakkan selembar kertas seukuran buku ini di lantai. Apakah anak dapat melompati panjang kertas ini dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari?
6.            Jangan membantu anak clan jangan menyebut lingkaran. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Dapatkah anak menggambar lingkaran?
7.            Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu di atas yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut?
Kubus yang digunakan ukuran 2.5 – 5 cm.
8.            Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau permainan lain dimana ia ikut bermain clan mengikuti aturan bermain?
9.            Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk kemandirian memasang kancing, gesper atau ikat pinggang)
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 48 bulan
1.            Dapatkah anak mengayuh sepeda roda tiga sejauh sedikitnya 3 meter?
2.            Setelah makan, apakah anak mencuci dan mengeringkan tangannya dengan baik sehingga anda tidak perlu mengulanginya?
3.            Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak anda kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 2 detik atau lebih?
4.            Letakkan selembar kertas seukuran buku ini di lantai. Apakah anak dapat melompati panjang kertas ini dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari?
5.            Jangan membantu anak dan jangan menyebut lingkaran. Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Dapatkah anak menggambar lingkaran?
6.            Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu di atas yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut? Kubus yang digunakan ukuran 2.5 – 5 cm.
7.            Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau permainan lain dimana ia ikut bermain dan mengikuti aturan bermain?
8.            Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk memasang kancing, gesper atau ikat pinggang)
9.            Dapatkah anak menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu? Jawab TIDAK jika ia hanya menyebutkan sebagian namanya atau ucapannya sulit dimengerti.
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 54 bulan 
1.            Dapatkah anak meletakkan 8 buah kubus satu persatu di atas yang lain tanpa menjatuhkan kubus tersebut? Kubus yang digunakan ukuran 2-5 – 5 cm.
2.            Apakah anak dapat bermain petak umpet, ular naga atau permainan lain dimana ia ikut bermain dan mengikuti aturan bermain?
3.            Dapatkah anak mengenakan celana panjang, kemeja, baju atau kaos kaki tanpa di bantu? (Tidak termasuk memasang kancing, gesper atau ikat pinggang)
4.            Dapatkah anak menyebutkan nama lengkapnya tanpa dibantu? Jawab TIDAK jika ia hanya menyebut sebagian namanya atau ucapannya sulit dimengerti.
5.            Isi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak. Jangan membantu kecuali mengulangi pertanyaan.
"Apa yang kamu lakukan jika kamu kedinginan?"
"Apa yang kamu lakukan jika kamu lapar?"
"Apa yang kamu lakukan jika kamu lelah?"
Jawab YA biia anak merjawab ke 3 pertanyaan tadi dengan benar, bukan dengan gerakan atau isyarat.
Jika kedinginan, jawaban yang benar adalah "menggigil" ,"pakai mantel’ atau "masuk kedalam rumah’.
Jika lapar, jawaban yang benar adalah "makan"
Jika lelah, jawaban yang benar adalah "mengantuk", "tidur", "berbaring/tidur-tiduran", "istirahat" atau "diam sejenak"
6.            Apakah anak dapat mengancingkan bajunya atau pakaian boneka?
7.            Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak ands kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 6 detik atau lebih?
8.            Jangan mengoreksi/membantu anak. Jangan menyebut kata "lebih panjang".
Perlihatkan gambar kedua garis ini pada anak.
Tanyakan: "Mana garis yang lebih panjang?"
Minta anak menunjuk garis yang lebih panjang.
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini dan ulangi pertanyaan tersebut.
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini lagi dan ulangi pertanyaan tadi.
Apakah anak dapat menunjuk garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali dengan benar?
9.      Jangan membantu anak dan jangan memberitahu nama  gambar ini, suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini?
10.    Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi isyarat dengan telunjuk atau mats pads saat memberikan perintah berikut ini:
         "Letakkan kertas ini di atas lantai".
         "Letakkan kertas ini di bawah kursi".
         "Letakkan kertas ini di depan kamu"
         "Letakkan kertas ini di belakang kamu"
         Jawab YA hanya jika anak mengerti arti "di atas", "di bawah", "di depan" dan "di belakang”
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 60 bulan
1.            Isi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak. Jangan membantu kecuali mengulangi pertanyaan.
“Apa yang kamu lakukan jika kamu kedinginan?”
“Apa yang kamu lakukan jika kamu lapar?”
“Apa yang kamu lakukan jika kamu lelah?”
Jawab YA biia anak merjawab ke 3 pertanyaan tadi dengan benar, bukan dengan gerakan atau isyarat.
Jika kedinginan, jawaban yang benar adalah “menggigil” ,”pakai mantel’ atau “masuk kedalam rumah’.
Jika lapar, jawaban yang benar adalah “makan”
Jika lelah, jawaban yang benar adalah “mengantuk”, “tidur”, “berbaring/tidur-tiduran”, “istirahat” atau “diam sejenak”
2.            Apakah anak dapat mengancingkan bajunya atau pakaian boneka?
3.            Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya dan beri anak ands kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 6 detik atau lebih?
4.            Jangan mengoreksi/membantu anak. Jangan menyebut kata “lebih panjang”.
Perlihatkan gambar kedua garis ini pada anak.
Tanyakan: “Mana garis yang lebih panjang?”
Minta anak menunjuk garis yang lebih panjang.
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini dan ulangi pertanyaan tersebut.
Setelah anak menunjuk, putar lembar ini lagi dan ulangi pertanyaan tadi.
Apakah anak dapat menunjuk garis yang lebih panjang sebanyak 3 kali dengan benar?
5.            Jangan membantu anak dan jangan memberitahu nama gambar ini, suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini?
6.            Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi isyarat dengan telunjuk atau mats pads saat memberikan perintah berikut ini:
“Letakkan kertas ini di atas lantai”.
“Letakkan kertas ini di bawah kursi”.
“Letakkan kertas ini di depan kamu”
“Letakkan kertas ini di belakang kamu”
Jawab YA hanya jika anak mengerti arti “di atas”, “di bawah”, “di depan” dan “di belakang”
7.            Apakah anak bereaksi dengan tenang dan tidak rewel (tanpa menangis atau menggelayut pada anda) pada saat anda meninqgalkannya?
8.            Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan pada anak : “Tunjukkan segi empat merah”
“Tunjukkan segi empat kuning”
‘Tunjukkan segi empat biru”
“Tunjukkan segi empat hijau”
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar?
9.            Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali tanpa berpegangan (lompatan dengan dua kaki tidak ikut dinilai). Apakah ia dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki?
10.        Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa bantuan?
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 66 bulan 
1.            Jangan membantu anak dan jangan memberitahu nama gambar ini, suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia. Berikan 3 kali kesempatan. Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini? 
2.            Ikuti perintah ini dengan seksama. Jangan memberi isyarat dengan telunjuk atau mats pads saat memberikan perintah berikut ini:
"Letakkan kertas ini di atas lantai".
"Letakkan kertas ini di bawah kursi".
"Letakkan kertas ini di depan kamu"
"Letakkan kertas ini di belakang kamu"
Jawab YA hanya jika anak mengerti arti "di atas", "di bawah", "di depan" dan "di belakang”
3.            Apakah anak bereaksi dengan tenang dan tidak rewel (tanpa menangis atau menggelayut pada anda) pada saat anda meninqgalkannya?
4.            Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan pada anak :
"Tunjukkan segi empat merah"
"Tunjukkan segi empat kuning"
‘Tunjukkan segi empat biru”
"Tunjukkan segi empat hijau"
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar?
5.            Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali tanpa berpegangan (lompatan dengan dua kaki tidak ikut dinilai). Apakah ia dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki?
6.            Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa bantuan?
7.            Suruh anak menggambar di tempat kosong yang tersedia. Katakan padanya: "Buatlah gambar orang".
Jangan memberi perintah lebih dari itu. Jangan bertanya/ mengingatkan anak bila ada bagian yang belum tergambar. Dalam memberi nilai, hitunglah berapa bagian tubuh yang tergambar. Untuk bagian tubuh yang berpasangan seperti mata, telinga, lengan dan kaki, setiap pasang dinilai satu bagian. Dapatkah anak menggambar sedikitnya 3 bagian tubuh?
8.            Pada gambar orang yang dibuat pada nomor 7, dapatkah anak menggambar sedikitnya 6 bagian tubuh?
9.            Tulis apa yang dikatakan anak pada kalimat-kalimat yang belum selesai ini, jangan membantu kecuali mengulang pertanyaan:   
"Jika kuda besar maka tikus ………  
"Jika api panas maka es ………  
"Jika ibu seorang wanita maka ayah seorang ………  
Apakah anak menjawab dengan benar (tikus kecil, es dingin, ayah seorang pria) ?
10.        Apakah anak dapat menangkap bola kecil sebesar bola tenis/bola kasti hanya dengan menggunakan kedua tangannya? (Bola besar tidak ikut dinilai).
Ø   Kuesioner Praskrining untuk Anak 72 bulan
1.            Jangan menunjuk, membantu atau membetulkan, katakan pada anak :
“Tunjukkan segi empat merah”
“Tunjukkan segi empat kuning”
“Tunjukkan segi empat biru”
“Tunjukkan segi empat hijau”
Dapatkah anak menunjuk keempat warna itu dengan benar?
2.            Suruh anak melompat dengan satu kaki beberapa kali tanpa berpegangan (lompatan dengan dua kaki tidak ikut dinilai). Apakah ia dapat melompat 2-3 kali dengan satu kaki?
3.            Dapatkah anak sepenuhnya berpakaian sendiri tanpa bantuan?
4.            Suruh anak menggambar di tempat kosong yang tersedia. Katakan padanya: "Buatlah gambar orang".
Jangan memberi perintah lebih dari itu. Jangan bertanya/ mengingatkan anak bila ada bagian yang belum tergambar. Dalam memberi nilai, hitunglah berapa bagian tubuh yang tergambar. Untuk bagian tubuh yang berpasangan seperti mata, telinga, lengan dan kaki, setiap pasang dinilai satu bagian. Dapatkah anak menggambar sedikitnya 3 bagian tubuh?
5.            Pada gambar orang yang dibuat pads nomor 7, dapatkah anak menggambar sedikitnya 6 bagian tubuh?
6.            Tulis apa yang dikatakan anak pada kalimat-kalimat yang belum selesai ini, jangan membantu kecuali mengulang pertanyaan:   
"Jika kuda besar maka tikus   
"Jika api panas maka es   
"Jika ibu seorang wanita maka ayah seorang   
Apakah anak menjawab dengan benar (tikus kecil, es dingin, ayah seorang pria) ?
7.            Apakah anak dapat menangkap bola kecil sebesar bola tenis/bola kasti hanya dengan menggunakan kedua tangannya? (Bola besar tidak ikut dinilai).
8.            Suruh anak berdiri satu kaki tanpa berpegangan. Jika perlu tunjukkan caranya    clan beri anak ands kesempatan melakukannya 3 kali. Dapatkah ia mempertahankan keseimbangan dalam waktu 11 detik atau lebih?
9.            Jangan membantu anak clan jangan memberitahu nama gambar ini, Suruh anak menggambar seperti contoh ini di kertas kosong yang tersedia- Berikan 3 kali kesempatan.
Apakah anak dapat menggambar seperti contoh ini?
10.        lsi titik-titik di bawah ini dengan jawaban anak. Jangan membantu kecuali mengulangi pertanyaan sampai 3 kali bila anak menanyakannya.
"Sendok dibuat dari apa?"   
"Sepatu dibuat dari apa?"   
"Pintu dibuat dari apa?"   
Apakah anak dapat menjawab ke 3 pertanyaan di atas dengan benar? Sendok dibuat dari besi, baja, plastik, kayu.
Sepatu dibuat dari kulit, karet, kain, plastik, kayu.
Pintu dibuat dari kayu, besi, kaca. 















BAB III
PENUTUP


Dengan adanya Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) membantu tenaga kesehatan, guru TK dan petugas PADU terpilih untuk mengetahui perkembangan anak normal atau ada penyimpangan.
























DAFTAR PUSTAKA


href="http://balitakami.files.wordpress.com/2008/09/12-1.jpg">

KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikumWr.Wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusunan Makalah IKD 2 judul "Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)" dapat terselesaikan. Penyusunan makalah ini disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas mata kuliah "IKD 2" di STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.
Dalam penyusunan makalah ini, peneliti banyak mendapat bimbingan dan petujuk dari berbagai pihak. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun  penulis harapkan untuk kesempurnaan penulisan makalah ini
 Semoga makalah ini dapat bermanfat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis khususnya.
Wassalamu’alaikumwr.Wb.




                                                                                Madiun, 29 Maret 2013


                                                                                             Penulis






ii
 
DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL....................................................................................         i
KATA PENGANTAR..................................................................................        ii
DAFTAR ISI.................................................................................................       iii  
PENDAHULUAN........................................................................................        1
ISI..................................................................................................................        5
PENUTUP.....................................................................................................      27
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................      28

iii

KUESIONER PRA SKRINING PERKEMBANGAN 
(KPSP)


Disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas
mata kuliah "IKD 2" di STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
 













Disusun Oleh :

1.      Afrila Grenada          (201202001)
2.      Arik                            (201202008)
3.      Dike Awan                 (201202015)
4.      Hariyanto                   (201202022)
5.      Linda Mariani           (201202029)
6.      Muh. Ilham                (201202036)
7.      Ratin Ridho               (201202043)
8.      Rohmat Budioko       (201202050)
9.      Wazidatur                  (201202057)



SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN

TAHUN PELAJARAN 2012/2013






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar